Simpati Untuk Pak Atmaji

Saya salah satu orang yang belum mempercayai sepenuhnya jika Pak Atmaji menerbitkan surat atas nama menteri tidak atas perintah menteri. Surat yang meminta Konjen RI di Sydney memberikan fasilitasi kepada anggota partai yang mau plesiran ke Australia adalah surat yang sangat sensitive karena berkaitan erat dengan etika administrasi publik yang merupakan bidang yang dikerjakan oleh kementerian PANRB.

Sebagai orang yang pernah bekerja sebagai sekretaris dan yang membantu pejabat menyusun surat penting, saya memahami adanya prinsip kehati-hatian dan tidak mungkin seorang pejabat menulis surat atas nama menteri dengan tidak hati-hati apalagi jika surat itu sensitif.

Saya pernah bertemu langsung dengan pak Atmaji, pernah bersama dalam satu group WA, serta juga sering mendengar langsung cerita tentang kinerja bagus pak Atmaji dari stafnya langsung, sehingga tahu betul bagaimana  karakter pak Atmaji. Bagaimana aktifnya beliau merelakan waktunya mengorganisir pertemuan alumni misalnya,.. saya yakin beliau orang baik dan berintegritas.

Bisa jadi, jika praktek meminta pemberian fasilitas dari perwakilan RI di luar negeri selama ini sering terjadi, apa yang dialami oleh para pejabat yang terkait dengan surat itu bisa dibilang “apes”. Keberanian pejabat untuk menerbitkan surat seperti itu bisa jadi karena pernah ada praktek sebelumnya dan tidak dipermasalahkan secara hukum, walaupun tidak beres secara etika.  

image

Sebagai anak buah dalam hierarki organisasi publik, prinsip harus selalu siap menjadi bamper atau “kambing hitam” jika ada permasalahan yang menyangkut bos juga nampaknya benar adanya. 

Apapun, setelah dipermasalahkannya surat semacam itu oleh publik, seenggaknya tidak ada lagi orang, entah itu politisi maupun pejabat, yang berani meminta lagi pelayanan dari perwakilan atau kedutaan besar RI di luar negeri untuk kepentingan pribadi. Wallahu’alam

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s