Berita Bola

Hampir setiap akhir pekan, terdapat pertandingan sepakbola di liga-liga eropa, seperti Liga Primer Inggris, La Liga Spanyol, Serie A Italy, dsb.

Yang menarik adalah, media berita online di Indonesia seperti detik, kompas, atau tempo menjadikan pertandingan itu sebagai berita hangat dan ditampilkan paling atas sehingga pembaca berita akan langsung mendapati berita itu begitu membuka situs2 itu di akhir pekan. Tak hanya itu, sebelum pertandingan selesai pun, misalnya saat turun minum, terdapat berita mengenai skor sementara.

image

Capture halaman web detik.com

Sementara itu setelah mengamati situs media online di eropa sendiri (dalam hal ini inggris), misalnya dailymail, thesun, theguardian dsb, berita tentang pertandingan sepakbola di akhir pekan itu hanya ditaruh di kolom olahraga, tak ditaruh di bagian atas/utama. Hal ini membuat pembuka situs2 itu tak akan langsung menemui berita pertandingan begitu masuk ke dalam situs, seperti saat membuka detik atau kompas.

image

Capture halaman web dailymail

Lalu saya coba buka juga media online di Turki, seperti hurriyet, sabah, dsb. Ternyata di media-media itu pun tak segencar media online di Indonesia dalam memberitakan pertandingan bola di eropa. Jangankan memberitakan hasil skor sementara, berita tentang hasil pertandingan pun tak bisa diharapkan untuk muncul. Situs berita online Turki sepertinya lebih cenderung memberitakan hasil pertandingan liga sepakbola Turki sendiri.

Lalu kenapa berita tentang sepakbola eropa yang jauh dari Indonesia begitu eksklusif bisa tampil di bagian atas/depan media online “utama” Indonesia seperti kompas dan detik, sementara media online utama di Inggris atau negara yang dekat seperti Turki ngga segitunya menempatkan berita bola di atas?

Selidik punya selidik, ternyata berita sepakbola itu banyak diklik oleh pembaca berita di Indonesia, hingga menjadi most popular.

image

Capture most popular news detik

Bisa jadi ya.. bisa jadi.. kejenuhan mengikuti hiruk pikuk politik yang penuh dg berita korupsi, pertengkaran elit politik, sementara dunia hiburan juga lebih sering menampilkan kabar tak sedap seperti perceraian artis, artis jual diri dsb membuat byk org Indonesia memilih menghibur diri dengan mengikuti pertandingan2 sepakbola eropa. Apalagi saat ini PSSI beku dan Liga Indonesia tak berjalan, praktis perhatian tercurah pada klub2 sepakbola eropa. Nah.. media-media online yang butuh banyak diklik itupun  memanfaatkan peluang itu.

Maka tidak heran bila berita2 bola jadi paling populer. Dengan terus menerus dijadikan berita pula, situs2 berita itu juga pada gilirannya ikut andil mempromosikan sepakbola eropa. Masyarakat menjadi sangat antusias, terbukti kaos2 jersey klub eropa pun jadi laku keras.

Yah setidaknya di akhir pekan kita bisa sedikit melupakan berita tentang Ahok yang belakangan sangat mendominasi situs2 berita itu. Salam sepakbola.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s