Antara Menguasai dan Melayani

Banyak orang belum sampai pada kesadaran bahwa menjadi Bupati, Walikota, Gubernur atau Presiden adalah dalam rangka melayani manusia dan alam lingkungan yang menjadi tanggung jawabnya. Lebih banyak orang memahami bahwa menduduki jabatan-jabatan itu adalah dalam rangka menguasai. Alam bawah sadar pun seperti telah terbentuk untuk memahami jabatan tersebut dg pemahaman menguasai dengan penggunaan istilah ‘pemerintah’ bagi mereka yang duduk di jabatan itu.

Posisi yang tinggi, prestisius, dan dapat memerintah itu membuat banyak orang tergila-gila bahkan bersedia mengorbankan harta – yg kalau dihitung-hitung melampaui gaji resmi yang akan dia terima selama menduduki jabatan itu dalam satu atau dua periode- untuk maju dalam pemilihan yang belum tentu ia menangkan.

Orang kebanyakan juga sepertinya dibiarkan utk memahami bahwa mereka adalah objek yang diperintah oleh orang yang seharusnya menjadi pelayan yang dibentuk, dibiayai dan diberi mandat oleh orang kebanyakan. 

Konsekuensinya cukup terang, jika uang2 yang seharusnya diperuntukkan melayani org kebanyakan dg pembangunan fasilitas umum yg memadai, transportasi umum, pelayanan kesehatan, pendidikan terjangkau, serta berbagai pemenuhan hak dasar, maka bagi para pencari kekuasaan yg ada di kepalanya adalah mencari cara agar bisa memperoleh keuntungan dari uang publik itu entah lewat proyek infrastruktur yg dimenangkan temannya atau memerintahkan bawahannya di pemerintahan untuk memperbesar apa saja anggaran utk melayani diri dan keluarganya, dari dana operasional sampai isi dalam kulkas di rumahnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s